Minggu, 22 Januari 2012

info buku fiqh prioritas yusuf al qardhawi

Kategori:Buku
JenisAgama & Kepercayaan
Penulis:Dr. Yusuf Qardhawi

Bagi yang punya segudang rencana, setumpuk jadwal atau sederet agenda kegiatan yang (hampir) bersamaan, mungkin sering kali dipusingkan dengan mana yang harus didahulukan, atau mungkin yang (terpaksa) harus dikorbankan. Salah satu sebabnya adalah karena kurangnya kemampuan kita dalam memilih dan memilah. Tak heran jika ada yang menyebutkan bahwa sebenarnya bukan potensi yang tidak dipunyai ummat ini, tetapi dis-alokasi potensilah yang terjadi akibat kurangnya pengetahuan dalam menilai prioritas suatu kepentingan.

Buku ini – sesuai dengan judulnya – membantu pembaca untuk bisa membuat skala prioritas, tentunya dalam koridor Islam. Dalam buku ini, Dr. Yusuf Qardhawi bukan saja secara terstruktur menguraikan bagaimana seorang muslim seharusnya menimbang berbagai pilihan dalam hidupnya, tetapi juga memberikan contoh-contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari, sehingga membuat aplikasi buku ini tidak seperti mimpi di atas mimpi. Mendahulukan yang wajib dari yang haram, mungkin setiap muslim sudah pasti tahu. Tetapi begitu dihadapkan mana yang harus didahulukan di antara yang wajib dengan yang wajib, atau sebaliknya, banyak orang (termasuk saya he..he..) kebingungan menentukan pilihan. Di sini, Dr. Yusuf Qardhawi juga menjelaskan kriteria apa aja sih yang harus dipakai sebagai pertimbangan dalam menentukan prioritas? Buat para perencana, seyogyanyalah sedikit banyak bisa mengambil manfaat dari buku ini, terutama ketika sedang dihadapkan pada keterbatasan sumberdaya. A must-have book if you really wanna establish a sound plan

Sedikit kendala mungkin akan muncul bagi para lay readers alias pembaca kalangan awam (lagi-lagi termasuk saya he..he.) karena banyaknya istilah-istilah dalam bahasa Arab yang tidak seluruhnya disertai penjelasan dalam bahasa Indonesia. Anyway, manfaat buku ini jauh lebih banyak dari harga buku ini yang lumayan bisa dijangkau (kemarin sih masih Rp 35.000,- belum termasuk diskon), apalagi versi free digitalnya sudah banyak bertebaran di dunia maya. Jika ada yg berminat baca tetapi tidak berminat browsing.....I am happily to provide...Insha Allah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar